Sambut Era Digital, Kementerian Kominfo Salurkan 227 Set Top Box TV Digital ke Warga Desa Mutihkulon

31 Oktober 2022
Mizwaruddin
Dibaca 48 Kali
Sambut Era Digital, Kementerian Kominfo Salurkan 227 Set Top Box TV Digital ke Warga Desa Mutihkulon

Siaran TV analog di Indonesia akan dimatikan secara bertahap mulai Agustus 2021 hingga November 2022, untuk digantikan sepenuhnya oleh siaran TV digital. Program migrasi mode siaran TV ini disebut analog switch off (ASO). Meski demikian, para pemilik TV biasa/tabung alias TV analog tak perlu khawatir. Sebab, TV analog bisa dimanfaatkan menjadi TV digital dengan menggunakan perangkat Set Top Box (STB) yang sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2), standar TV digital di Indonesia.

Sehubungan dengan program ASO tersebut, Kementerian Kominfo membuat program pemberian STB kepada masyarakat yang kurang mampu dalam aturan pemerintah dan peraturan menteri. Dengan menambahkan alat STB, diharapkan khayalak luas sudah dapat menikmati berbagai pilihan konten siaran televisi digital.

Ahad (30/10), PT Prima Mitrainti Sejati selaku rekanan dari Kementerian Kominfo selesai menyalurkan 216 dari total 227 STB kepada warga Desa Mutihkulon. Dengan didampingi oleh Perangkat Desa Mutihkulon, petugas secara langsung mendatangi penerima bantuan STB serta membantu men-setting. Warga yang tercatat sebagai penerima bantuan namun tidak berdomisili di Desa Mutihkulon, petugas tidak membagikannya. 

Setelah pembagian STB tersebut muncul respon dari warga, utamanya yang tidak mendapatkan bantuan. Mereka mempertanyakan apakah setelah pembagaian ini akan ada lagi pembagian bantuan STB tahap berikutnya. Warga sangat berharap mendapatkan bantuan STB agar dapat menikmati layanan TV digital. Adapun bagi warga penerima bantuan, banyak yang mengeluhkan siaran TV digital belum stabil.