Terjadi Kasus PMK pada Hewan Ternak Kerbau, Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Turun Tangan

11 Oktober 2022
Mizwaruddin
Dibaca 43 Kali
Terjadi Kasus PMK pada Hewan Ternak Kerbau, Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Turun Tangan

Penyebaran kasus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) kini telah sampai di Desa Mutihkulon. Penyebaran penyakit tersebut menjangkiti hewan ternak kerbau yang berada Dusun Kemantren. Sejumlah sebelas ekor kerbau terpapar yang mengakibatkan sejumlah hewan tersebut tidak bisa berdiri dan hilangnya nafsu makan. 

Menurut keterangan para peternak, kronologi menjalarnya PMK ke hewan ternak mereka terjadi setelah kedatangan kerbau yang baru dibeli oleh salah satu peternak. Selang dua hari setelah kedatangan kerbau tersebut, sejumlah kerbau lainnya tidak mau makan dan tiba-tiba tidak bisa berdiri.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah peternak berinisiatif mendatangkan dokter hewan dari wilayah Jepara untuk melakukan tindakan penanganan. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil karena kondisi sejumlah hewan yang terpapar tidak kunjung membaik, bahkan hewan lainnya juga ikut terpapar.

Selanjutnya, para peternak yang diwakili oleh Muhammad Ali Anwari melaporkan kejadian tersebut kepada Perangkat Desa Mutihkulon, Ah. Dalhari. Menindaklanjuti laporan tersebut, Ah. Dalhari langsung menghubungi PPL Pertanian untuk wilayah Desa Mutihkulon agar dilakukan tindakan penanganan.

Selasa (11/10/2022) Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak yang dipimpin oleh drh. Wahyu dengan didampingi Perangkat Desa Mutihkulon terjun ke lokasi kandang kerbau. Mereka langsung melakukan pemeriksaan dan penyuntikan terhadap sejumlah kerbau yang terpapar. Adapun kerbau yang tidak terpapar hanya dilakukan pemeriksaan tanpa tindakan penyuntikan.