Raih Nilai Tertinggi se-Kecamatan Wedung dalam Pelaporan Keuangan Desa, Mutihkulon Sabet Predikat Waskita Sedya dari Inspektorat Daerah Kabupaten Demak

10 Oktober 2022
Mizwaruddin
Dibaca 38 Kali
Raih Nilai Tertinggi se-Kecamatan Wedung dalam Pelaporan Keuangan Desa, Mutihkulon Sabet Predikat Waskita Sedya dari Inspektorat Daerah Kabupaten Demak

Senin (10/10/2022) Plh. Kepala Desa Mutihkulon beserta Ketua BPD menghadiri kegiatan Gelar Pengawasan Desa Waskita (Gelas Desa) di Gedung Grahardika Bina Praja Kabupaten Demak yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Inspektur Daerah Kabupaten Demak, Kurniawan Arifendi. 

Dalam sambutannya, Kurniawan Arifendi menyampaikan bahwa ada 51 desa di Kabupaten Demak masuk dalam kategori Waskita Sedya (kepatuhan rendah, resiko tinggi) dan 192 desa lainnya kategori Waspada (kepatuhan sangat rendah, resiko sangat tinggi). Penggolongan tersebut berdasarkan skor kelengkapan laporan (perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban) dan waktu melaporkan (perbulan, persemester, atau pertahun).

Dalam penilaian yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Demak, Desa Mutihkulon memperoleh nilai akhir 62,67 dengan kategori Waskita Sedya. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi se-Kecamatan Wedung. Atas prestasi tersebut, Desa Mutihkulon mendapatkan piagam penghargaan dari Inspektorat Daerah Kabupaten Demak.

Menanggapi pencapaian tersebut, Plh. Kepala Desa Mutihkulon menyampaikan kepada seluruh bawahannya agar terus meningkatkan kinerja, utamanya dalam hal pelaporan pengelolaan keuangan desa. Peningkatan kinerja tersebut harus didasari dengan niat tulus dan ikhlas karena hal itu sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kita selaku aparatur desa, bukan semata-mata untuk mendapatkan penghargaan dari pihak lain.