Pelatihan Kader Posbindu di Puskesmas Wedung 2

20 Mei 2019
Mizwaruddin
Dibaca 176 Kali
Pelatihan Kader Posbindu di Puskesmas Wedung 2

Dinas kesehatan Kabupaten Demak melaksanakan Pelatihan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) tentang penyakit tidak menular di Aula Puskesmas Wedung 2, Senin 20 Mei 2019. Kegiatan yang diikuti oleh kader Posbindu dari empat desa (Mutih Kulon, Mutih Wetan, Tedunan, Babalan) ini menitikberatkan pada peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.

Kegiatan pelatihan ini dipimpin langsung oleh Bapak Karjono selaku Kasi. Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kab. Demak. Dalam sambutannya, beliau menargetkan dalam jangka waktu satu tahun setiap desa harus melakukan pemeriksaan kepada 1.200 warga desa.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung mulai pukul 09.00 – 13.00 WIB ini berlangsung dengan penuh semangat meskipun para peserta sedang berpuasa. Selain diberikan materi, para kader Posbindu juga diminta untuk mempraktikkan langsung bagaimana cara menggunakan alat pengukur tensi darah, alat pengukur body fat, alat pengukur lingkar perut, serta alat pengukur kadar gula, kolesterol, dan asam urat.

Setelah mengikuti pelatihan ini para kader diharapkan dapat melaksanakan Posbindu di desa masing-masing dengan baik. Dengan demikian, adanya penyakit tidak menular dapat dideteksi dan dicegah sedini mungkin.