Potensi Sumber Daya Manusia

09 April 2019
Administrator
Dibaca 1.383 Kali
Potensi Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) di Desa Mutih Kulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak mempunyai potensi dalam perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan masyarakat mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam untuk tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. SDM merupakan bagian dari sistem yang membentuk suatu organisasi masyarakat.

Pada awal tahun 2019, penduduk Desa Mutih Kulon berjumlah 4.034 jiwa dengan perbandingan laki-laki 2.090 jiwa dan perempuan 1.944 jiwa. Dari jumlah tersebut, 70 persennya merupakan usia produktif dengan rata-rata berpendidikan SMP ke atas. Data tersebut menunjukkan bahwa potensi SDM di desa ini sangatlah besar.

Seiring dengan perkembangan zaman, SDM di desa Mutih Kulon tidak lagi dipandang hanya sebagai sumber daya belaka, melainkan merupakan modal atau aset bagi institusi dan organisasi yang ada di masyarakat. Di desa ini sendiri ada beberapa orang yang telah mengembangkan potensi masyarakatnya untuk meningkatkan ekonomi lokal.

Sebagai bukti, di Desa Mutih Kulon telah berdiri banyak home industri, di antaranya : 16 home industri makanan (catering dan keu kering), 2 home industri konveksi, dan 2 home industri pertukangan kayu. Selain itu, ada juga 3 bengkel sepeda motor, 1 bengkel las dan 1 penggilingan padi. 

Beberapa bukti di atas menunjukkan bahwa masyarakat Desa Mutih Kulon telah berperan aktif dan efekif sebagai mahluk sosial dan ekonomi yang dapat mengelola diri sendiri juga orang lain. Pengelolaan ini tentunya memanfaatkan potensi sumber daya manusia dan potensi alam sekitar demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Desa Mutih Kulon.

Lantas, apa upaya Pemerintah Desa Mutih Kulon untuk meningkatkan SDA yang ada? Melalui program kegiatan pemberdayaan masyarakat, Pemdes Mutih Kulon sudah beberapa kali mengadakan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja Kab. Demak untuk melaksanakan kegiatan pelatihan menjahit dan bengkel. Berikutnya, melalui APBDes Pemdes Mutih Kulon juga telah dan akan melaksanakan beberapa kegiatan pelatihan, di antaranya: pelatihan produksi kue kering, pelatihan komputer, mendirikan club olah raga, pelatihan kelompok tani, dan pelatihan kelompok ternak. Selanjutnya dalam hal permodalan, Pemdes Mutih Kulon bekerja sama dengan UPK Kec. Wedung memberikan modal usaha.