Empat Kader Ibu Hamil Desa Mutihkulon Mengikuti Pelatihan Penggunaan Aplikasi Cengkeram Mata Elang (CME)

22 September 2022
Mizwaruddin
Dibaca 53 Kali
Empat Kader Ibu Hamil Desa Mutihkulon Mengikuti Pelatihan Penggunaan Aplikasi Cengkeram Mata Elang (CME)

Aplikasi Cengkeram Mata Elang (CME) merupakan sebuah inovasi digital yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Demak mulai tahun 2017. Aplikasi ini berfungsi untuk memantau dan memberikan pelayanan terkait dengan kesehatan ibu agar dapat melahirkan dengan sehat dan selamat. Dengan pemantauan yang dilakukan melalui sistem cepat aplikasi CME oleh kader, maka tidak akan ada lagi keterlambatan rujukan dan pelayanan.

Rabu, (21/09/2022) bertempat di Ballroom Wakil Bupati Demak, empat kader ibu hamil Desa Mutihkulon mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi CME. Pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak ini bertujuan agar para kader dapat mengoperasikan aplikasi CME dengan baik sehingga dapat melaporkan setiap perkembangan ibu hamil di wilayahnya masing-masing. Dengan demikian semua faktor risiko ibu hamil dapat diminimalkan karena terkelola dengan baik.

Dalam pelatihan tersebut, setiap kader langsung praktik pengoperasian aplikasi CME melalui HP andorid masing-masing. Selain itu, setiap kader juga diberikan akun sebagai operator CME di tingkat desa. Para kader diberikan penekanan untuk segera melakukan pendataan ibu hamil melalui aplikasi CME sesampainya di desa masing-masing.