Posyandu Lansia Sehat Barokah I Bulan September 2022

21 September 2022
Mizwaruddin
Dibaca 47 Kali
Posyandu Lansia Sehat Barokah I Bulan September 2022

Salah satu program kesehatan Desa Mutihkulon adalah Posyandu Lansia yang terbagi menjadi tiga pos, yaitu Pos I bertempat di rumah Hj. Ifrohatul Jannah (RT 002 RW 001), Pos II bertempat di rumah Dhoiufur Rohman (RT 003 RW 003) dan Pos III bertempat di rumah Muhammad Imron (RT 004 RW 005). Pelaksanaan Posyandu Lansia bulan September 2022 jatuh giliran di Pos I, Selasa (20/9/2022). Kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerjasama denhan PKM Wedung 2 yang dipimpin oleh Bidan Desa, Ifrochatul Afidah.

Dari target tigapuluh Lansia yang undang, satu di antaranya tidak hadir karena sakit. Kegiatan diawali dengan senam sehat Lansia kemudian dilanjutkan dengan lima langkah Posyandu Lansia. Secara berurutan lima langkah tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftaran oleh Kader Salma Murni.
  2. Pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut oleh Kader Nur Khoiriyah.
  3. Pencatatan hasil pengukuran ke Kartu Menuju Sehat (KMS) oleh Kader Maimunah.
  4. Konseling atau konsultasi kesehatan oleh Kader Hj. Ifrohatul Jannah.
  5. Pelayanan Kesehatan yang meliputi pengukuran tekanan darah, laboran asam urat, dan laborat gula darah sewaktu oleh Tim PKM Wedung 2.

Adapun hasil pemeriksaan kesehatan dapat dilihat pada tabel berikut.

No. Layanan Kesehatan Hasil (orang)
Rendah Normal Tinggi
1. Pemeriksaan Tekanan Darah 0 24 5
2. Pemeriksaan Asam Urat 2 18 9
3. Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu 0 25 4

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, bagi Lansia yang memiliki hasil tinggi diharap untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas Wedung 2. Hal ini bertujuan agar Lansia yang bersangkutan mendapatkan pengobatan secara intensif dari dokter Puskesmas. Setelah rangkaian kegiatan berakhir, setiap Lansia mendapatkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa: pisang rebus, buah jeruk, dan air mineral.