Kaum Musholla An-Nur Al Alawiyah Menggelar Tradisi Rebo Wekasan

21 September 2022
Mizwaruddin
Dibaca 51 Kali
Kaum Musholla An-Nur Al Alawiyah Menggelar Tradisi Rebo Wekasan

Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan merupakan salah satu tradisi yang masih terus dilestarikan oleh sebagian masyarakat Jawa hingga sekarang. Rebo Wekasan merupakan hari Rabu terakhir di bulan Shafar dalam penanggalan hijriyah. Pada hari tersebut oleh sebagian kalangan diyakini sebagai hari diturunkannya 320 ribu bala dalam jangka satu tahun. 

Di tahun 1444 H, Rebo Wekasan jatuh pada hari Rabu, 21 September 2022. Sebagai upaya melestarikan tradisi Rebo Wekasan, warga kaum Musholla An-Nur Al Alawiyah bersama Pemuda C.M.K Bersahaja KAMPOENG Q-DOEL menggelar tradisi tersebut di Musholla An-Nur Al Alawiyah pada hari Selasa malam Rabu, 20 September 2022 setelah sholat Maghrib. Warga berharap dengan melaksanakan acara Rebo Wekasan, semua warga Desa Mutihkulon khususnya warga kaum Musholla An-Nur Al Alawiyah terhindar dari bala dan musibah di tahun ini.

Acara Rebo Wekasan dipimpin oleh Ustadz Atidur Rohman selaku imam Musholla An-Nur Al Alawiyah. Acara diawali dengan penjelasan tentang Rebo Wekasan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil, Surat Yasin, dan doa tolak balak. Acara ditutup dengan makan bersama dengan menu "nasi janganan" yang dibawa warga dari rumah.