Ahmad Thohari dan Muhson Islahudin Wakili Desa Mutihkulon di Ajang Lomba Kreanova Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Demak

09 November 2022
Mizwaruddin
Dibaca 47 Kali
Ahmad Thohari dan Muhson Islahudin Wakili Desa Mutihkulon di Ajang Lomba Kreanova Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Demak

Selasa (8/11), Pemerintah Kabupaten Demak menggelar Lomba Kreanova Tahun 2022 di Hotel Amantis. Lomba tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kreativitas dan inovasi warga Kabupaten Demak. Dua warga Desa Mutihkulon, Ahmad Thohari dan Muhson Islahudin ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut setelah berhasil lolos dalam proses verifikasi oleh tim juri pada bulan Oktober 2022.

Thohari dan Muhson membuat inovasi dengan judul Penyubur Tanaman Urine Kelinci sebagai salah satu solusi mahalnya harga obat-obatan pertanian. Keunggulan dari inovasi yang dikembangkan tersebut adalah mudah diproduksi dengan bahan dasar yang murah sehingga sangat memungkinkan para petani memproduksi sendiri.

Meski terlihat sederhana, Thohari menyampaikan bahwa manfaat dari urin kelinci yang sudah dilakukan proses fermentasi sangat baik untuk tanaman. Hal ini sudah dibuktikan terhadap tanaman jambu air yang dimilikinya. Setelah menggunakan urin kelinci, hasil buah tanaman jambunya jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, dalam jangka satu tahun tanaman jambunya dapat panen sebanyak tiga kali.

"Kalau dilihat barangnya memang sederhana, tapi hasilnya sangat luar biasa. Ini sudah saya praktikkan untuk tanaman jambu saya. Buahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelum menggunakan urin kelinci. Selain itu, saya juga bisa panen hingga tiga kali dalam setahun," ujar Thohari sebelum berangkat ke Demak untuk mengikuti lomba.