Sambut Masa Tanam Pertama, Para Petani Laksanakan Kerja Bakti bersama Aparatur Desa

08 November 2022
Mizwaruddin
Dibaca 46 Kali
Sambut Masa Tanam Pertama, Para Petani Laksanakan Kerja Bakti bersama Aparatur Desa

Musim Tanam Pertama di Desa Mutihkulon akan segera mulai seiring dengan curah hujan yang mulai meningkat. Untuk mempersiapkan MT I tersebut, para petani berinisatif untuk melakukan kerja bakti membersihkan rumput glagah yang menganggu akses jalan usaha tani (JUT). Inisiatif tersebut direspon secara cepat oleh Kepala Desa Mutihkulon. Kepala Desa Mutihkulon, Moh. Tahsilul Ma'al menginstruksikan kepada jajaran aparatur Pemdes Mutihkulon untuk turut serta dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

Pembersihan JUT tersebut difokuskan di dua titik, yaitu JUT Blok Sawah Babadan Kidul-Telogo dan JUT Blok Sawah Lurahan-Carikan. Kegiatan kerja bakti itu memakan waktu dua hari, yaitu tanggal 5-6 November.

Ke depannya, Kepala Desa Mutihkulon berharap para petani Desa Mutihkulon untuk lebih proaktif dan guyub dalam upaya kegiatan usaha tani. Tidak semua kegiatan yang berkaitan dengan usaha tani dibebankan kepada Pemerintah Desa. 

"Para petani ke depannya harus lebih aktif dan guyub dalam upaya melakukan kegiatan usaha tani, misalnya dalam pembersihan JUT dan pembersihan saluran irigasi. Kalau semuanya lancar, kan yang menikmati juga para petani sendiri. Jangan semuanya dibebankan ke Pemdes," ujar Kepala Desa Mutihkulon kepada para petani.