Pilih Desa untuk Mewakili Lomba LBS Tingkat Provinsi, Tim LBS Kabupaten Demak Kunjungi Desa Mutihkulon

06 Oktober 2022
Mizwaruddin
Dibaca 44 Kali
Pilih Desa untuk Mewakili Lomba LBS Tingkat Provinsi, Tim LBS Kabupaten Demak Kunjungi Desa Mutihkulon

Pada tahun 2021, Desa Mutihkulon berhasil menduduki peringkat kedua dalam ajang Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Kabupaten Demak setelah melalui penilaian dari segi kebersihan lingkungan dan administrasi. Kamis (6/10/2022) Tim LBS Kabupaten Demak kembali mengunjungi Desa Mutihkulon kembali mengunjungi Desa Mutihkulon untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan keberlanjutan program LBS serta untuk memilih salah desa yang layak maju ke ajang Lomba LBS Tingkat Provinsi tahun depan.

"Kedatangan kami di sini bertujuan untuk melakukan monev untuk memastikan apakah program LBS masih terus berjalan, baik dari sisi lapangan maupun administrasinya atau berhenti setelah lomba selesai. Kami melakukan monev kepada tiga desa pemenang lomba LBS Tingkat Kabupaten Demak, yaitu Desa Teluk, Mutihkulon, dan Pulosari. Dari hasil monev ini nantinya akan kami pilih salah satu desa untuk mewakili Kabupaten Demak maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah", ujar Agung Suwondo.

Dalam monev LBS kali ini dilakukan peninjauan lapangan dan pemeriksaan administrasi PKK Pokja IV. Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh Tim LBS Kabupaten Demak yang terdiri dari perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan TP PKK Kabupaten Demak yang berjumlah empat orang.

Setelah melakukan monev, Tim LBS Kabupaten Demak menyampaikan hasilnya. Salah satu yang menjadi sorotan adalah masih adanya warga yang membakar sampah serta menjemur pakaian di depan rumah. Adapun dari segi administrasi, anggota tim, Indah Kusumawati menyampaikan bahwa TP PKK Desa Mutihkulon pandai memanfaatkan kemampuan para kadernya. Hal ini terbukti dengan masih lengkapnya semua administrasi saat lomba serta terus dilakukan update data.

"TP PKK Desa Mutihkulon pandai mengoptimalkan kemampuan para kadernya. Pemdesnya juga proaktif dalam dalam memberikan dukungan, baik dukungan fasilitas maupun finansial. Buktinya, semua administrasi yang digunakan saat lomba saat ini masih ada semua. Tidak hanya itu, data-datanya juga terus diupdate", kata Indah Kusumawati saat menyampaikan hasil monev.