Cegah Faktor Risiko Persalinan, Posyandu Desa Mutihkulon Melaksanakan Pertemuan Kedua Kelas Ibu Hamil

05 Oktober 2022
Mizwaruddin
Dibaca 47 Kali
Cegah Faktor Risiko Persalinan, Posyandu Desa Mutihkulon Melaksanakan Pertemuan Kedua Kelas Ibu Hamil

Setelah melaksanakan pertemuan pertama di bulan September 2022, KIH Bunda Harapan Desa Mutihkulon melanjutkan pertemuan kedua yang dilaksanakan Rabu (5/10/2022) di Pos Kelas Ibu Hamil. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan ikhtiyar bersama untuk menurunkan atau mencegah terjadinya faktor risiko dalam proses persalinan. Pertemuan kedua ini diikuti oleh 11 ibu hamil dengan usia kehamilan 6 bulan ke atas.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan pretest. Para peserta diminta untuk mengerjakan soal-soal terkait kehamilan dan persalinan yang sudah disiapkan oleh Bidan Desa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap pengetahuan kehamilan, persalinan, serta faktor-faktor risikonya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan rutin terhadap tekanan darah serta peragaan senam ibu hamil yang dipimpin oleh Kader Ibu Hamil Desa Mutihkulon, Roh batun Naqiyah dan Chilyatus Sa'adah. Para peserta mengikuti kedua kegiatan tersebut dengan penuh antusias karena mereka berkeinginan dalam proses persalinan kelak dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya risiko. 

Setelah peserta melaksanakan senam ibu hamil, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Bidan Desa Mutihkulon, Ifrochatul Afidah. Beliau memberikan penekanan kepada para peserta tentang pentingnya menjalankan amanah persalinan serta pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah untuk ibu hamil.

Di akhir kegiatan, Ana Ariyani selaku Bidan Koordinator PKM Wedung 2 memberikan materi tentang tanda-tanda persalinan, tanda-tanda bahaya persalinan, serta pentingnya KB setelah persalinan. Beliau berpesan kepada para peserta untuk tidak mengabaikan ketiga hal tersebut demi keselamatan ibu dan bayi serta terciptanya keluarga yang bahagia.