Cegah Anemia bagi Remaja Putri, PKM Wedung 2 Laksanakan Program SIMANIS

04 Oktober 2022
Mizwaruddin
Dibaca 42 Kali
Cegah Anemia bagi Remaja Putri, PKM Wedung 2 Laksanakan Program SIMANIS

Salah satu program Pemkab Demak di bidang kesehatan adalah pencegahan anemia bagi remaja putri. Remaja putri menjadi sasaran program pencegahan anemia karena setiap bulan mereka mengalami menstruasi sehingga memungkinkan terjadinya anemia. Untuk mendukung program tersebut, PKM Wedung 2 memiliki inovasi yang diberi nama SIMANIS (Aksi Minum Obat Anti Anemis). 

Salah satu implementasi SIMANIS adalah dengan cara turun langsung ke sekolah jenjang SMP dan SMA untuk melakukan sosialisasi tentang anemia serta aksi minum tablet tambah darah (TTD) secara serentak. Salah satu bentuk kegiatan tersebut, Selasa (4/10/2022) Tim PKM Wedung 2 mengunjungi MTs NU I'anatut Thullab yang berada di Jalan Peguron No. 1-2 Mutihkulon. Tim yang dipimpin oleh drg. Irva Puspitasari dengan beranggotakan Ifrochatul Afidah (Bidan Desa) dan Ummi Hani' (Promkes PKM Wedung 2) memberikan sosialasi tentang anemia kepada 231 siswa putri. Selain melakukan sosialisasi, diadakan juga kegiatan minum tablet tambah darah secara serentak.

Dalam kunjungan tersebut juga dilaksanakan MoU antara PKM Wedung 2 dengan MTs NU I'anatuth Thullab dengan isi sebagai berikut.

  1. Setiap hari Rabu dilaksanakan aksi minum tablet tambah darah secara serentak oleh semua siswa putri.
  2. Jika stok tablet tambah darah menipis, pihak MTs NU I'anatuth Thullab melalui Pembina UKS menghubungi Bidan Desa untuk selanjutnya diadakan dropping tablet tambah darah oleh pihak PKM Wedung 2.