LENGKAPI ADMINISTRASI, TIM PENGGERAK PKK DESA MUTIH KULON SIAP IKUTI PEMBINAAN WILAYAH

21 September 2021
Rifqi
Dibaca 170 Kali
LENGKAPI ADMINISTRASI, TIM PENGGERAK PKK DESA MUTIH KULON SIAP IKUTI PEMBINAAN WILAYAH

Mutih Kulon – Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak lakukan pembinaan administrasi di Balai Desa Mutih Kulon. Senin, (20/09/2021)

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak, Tim Penggerak PKK Kecamatan Wedung, Tim Penggerak PKK Desa Mutih Kulon, Tim Penggerak PKK Desa Berahan Kulon, Perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Mutih Kulon, serta 16 mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus.

Pembinaan ini bertujuan untuk membina administrasi PKK desa. Setiap tahun ada dua desa binaan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Wedung secara bergilir. Sedangkan desa Mutih Kulon mendapat jatah kegiatan desa binaan bersama desa Berahan Kulon oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak setiap 10 tahun sekali.

“Dilihat semua administrasinya, mulai dari buku administrasi, data dinding, sama lapangannya. Karena ini masa pandemi, jadi untuk posyandu hanya administrasi saja, tidak mendatangkan balitanya. Kalau rumah sehat tetap kita kunjungi.” Ungkap ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Wedung, Nor Farida Mulyanto.

Sebelum pandemi, Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak melaksanakan pembinaan wilayah secara keseluruhan hingga terjun ke lapangan dan mendatangkan banyak pihak yang terlibat. Namun, mengingat pandemi belum juga usai, pembinaan hanya difokuskan pada administrasi, rumah sehat, dan data dinding saja. Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak mengerahkan ketua, wakil ketua, sekretaris, pokja I sampai pokja IV untuk membina administrasi yang telah disusun Tim Penggerak PKK Desa Mutih Kulon.

Adanya pembinaan wilayah mendorong semangat Tim Penggerak PKK Desa Mutih Kulon untuk mengelola buku administrasi secara maksimal khususnya 6 buku wajib pokok PKK. Diantaranya yaitu buku daftar anggota TP PKK dan kader PKK, buku agenda surat masuk dan keluar, buku keuangan, buku notulen, buku inventaris, dan buku kegiatan. Dengan pembinaan wilayah ini, menjadi perbaikan dalam pengelolaan administrasi organisasi PKK.

“Tahun 2012 mendapat juara 1 Evaluasi 10 Program PKK se-kabupaten Demak. Ini baru pembinaan, kalau bagus hasilnya nanti maju ke evaluasi. Semoga bisa berlanjut sampai evaluasi di tahun 2021 ini.” Ungkap ketua Tim Penggerak PKK Desa Mutih Kulon, Mustanfidzatul Ilmiyah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Wedung, Nor Farida Mulyanto mengatakan bahwa, “Harapan saya setelah ada pembinaan wilayah dari kabupaten, administrasi di desa lebih baik, bisa memberi semangat pada kader-kader PKK.”

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mutih Kulon, Mustanfidzatul Ilmiyah berharap TP PKK Desa Mutih Kulon kembali mendapatkan juara 1 dalam evaluasi 10 program PKK. Para anggota dan kader PKK sangat berantusias dan semangat untuk kembali memenangkan program pembinaan yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak.

“Kadernya semangat semua, apalagi ditambah adik-adik KKN yang ikut membantu disini, saya ucapkan terima kasih. Ya, inilah di desa, guyub rukun saling membantu.” Tambah Nor Farida Mulyanto.