Embung Desa: Potensi Wisata Desa Mutihkulon

27 Agustus 2021
Mizwaruddin
Dibaca 170 Kali
Embung Desa: Potensi Wisata Desa Mutihkulon

Mutihkulon - Karang Taruna Putra Maulana sebagai pioner perubahan di Desa Mutihkulon mulai serius menggarap potensi-potensi wisata di Desa Mutihkukon, salah satunya adalah Embung Desa. Embung yang berasal dari bantuan Provinsi Jateng pada tahun 2016 ini semula diproyeksikan menjadi sarana pengairan pertanian. Namun karena debit air yang tidak mencukupi, embung tersebut akhirnya terbengkalai.

Melihat hal tersebut, Karang Taruna Putra Maulana berinisiatif mengembangkan embung desa menjadi objek wisata pemancingan. Langkah awal, pada tahun 2020 Karang Taruna Putra Maulana melalui Sekbid Lingkungan Hidup melakukan pembersihan sekitar embung dan menebar benih ikan nila sejumlah dua ribu ekor.

Melihat geliat pemudanya, Pemdes Mutihkulon tidak tinggal diam. Pada awal 2021, lahan di sekitar embung mulai dibangun taman desa, meskipun belum sempurna. Pembangunan taman desa tersebut diharapkan dapat menjadi tambahan daya tarik bagi warga.

Untuk mewujudkan embung desa menjadi objek wisata, Karang Taruna melakuakan endorse dengan mengadakan lomba memancing pada hari Jumat (27/8). Lomba yang digelar sebagai salah satu rangkaian Peringatan HUT RI ke-76 ini berhasil menarik minat warga sekaligus menjadi ajang promosi. 

Selanjutnya, masih dibutuhkan banyak sentuhan untuk mewujudkan embung desa menjadi salah satu objek wisata andalan Desa Mutihkulon. Tentu saja dibutuhkan kerja keras dari semua elemen masyarakat desa.