Penutupan KKN-IK IAIN Kudus Desa Mutih Kulon Wedung Demak

09 Oktober 2021
Rifqi
Dibaca 283 Kali
Penutupan KKN-IK IAIN Kudus Desa Mutih Kulon Wedung Demak

Mutih Kulon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi IAIN Kudus telah melaksanakan penutupan KKN di desa Mutih Kulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. (07/10/21)

Satu bulan penuh kegiatan KKN-IK IAIN Kudus telah dilaksanakan dengan berbagai kegiatan dan program kerja yang telah disusun. Banyak sekali hal yang diperoleh dari pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan pada awal September lalu. Pada tanggal 7 Oktober 2021, mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus resmi menutup kegiatan Kuliah Kerja Nyata di aula balai desa Mutih Kulon.

Kegiatan ini dihadiri oleh banyak pihak yang pernah terlibat dalam serangkaian kegiatan KKN selama satu bulan. Seperti perangkat desa, BPD, tokoh agama, LKMD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, karang taruna, serta kader posyandu. Acara penutupan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini berjalan dengan hikmat dan lancar. 

Muhammad Rifqi, ketua KKN-IK mewakili seluruh anggota mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak yang pernah terlibat dalam kegiatan KKN. Para mahasiswa belajar banyak hal dari kegiatan dan masyarakat secara langsung. Tentang bagaimana kehidupan bermasyarakat, kerja sama, gotong royong, komunikasi, dan koordinasi. 

“Tak terasa satu bulan kegiatan KKN dari IAIN Kudus ini telah selesai. Semoga pengalaman dan ilmu yang tidak diajarkan di bangku perkuliahan bisa bermanfaat, menjadi bekal saat terjun di masyarakat kelak.” tutur bapak Inwanul Falah, kepala desa Mutih Kulon.

Bagian paling mengesankan dari acara ini ialah ketua KKN, kepala desa Mutih Kulon dan Dosen Pembimbing Lapangan saling melempar kata-kata mutiara dan pantun bertema perpisahan. Seperti kata-kata mutiara yang dituturkan oleh bapak Nafiul Lubab, S. Pd.I., M. Si. bahwa perpisahan bukanlah perpisahan melainkan awal dari sebuah kerinduan. 

Dilanjut dengan penyerahan kenang-kenangan oleh mahasiswa KKN kepada desa Mutih Kulon berupa plakat serta papan ketua RT dan RW. Acara ditutup dengan foto bersama mahasiswa KKN dan seluruh tamu undangan.