Mahasiswa KKN-IK Mutih Kulon Tingkatkan Literasi Melalui Bimbel Putra Maulana

06 Oktober 2021
Rifqi
Dibaca 272 Kali
Mahasiswa KKN-IK Mutih Kulon Tingkatkan Literasi Melalui Bimbel Putra Maulana

Mutih Kulon – Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus desa Mutih Kulon tingkatkan literasi melalui bimbingan belajar Putra Maulana. Bimbingan belajar Putra Maulana merupakan cabang program dari sekbid pendidikan Karang Taruna Putra Maulana Mutih Kulon. 

Bimbel ini terbentuk pada tahun 2019 dan terdiri dari 4 pos. Pos 1 berlokasi di rumah ibu Hj. Luluk. Pos 2 berlokasi di Basecamp Karang Taruna. Pos 3 berlokasi di Musholla Baiturrahim. Terakhir, pos 4 berlokasi di rumah ibu Sri Samrotun. Bimbel ini dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at. 

KKN-IK IAIN Kudus berkolaborasi dengan pemuda karang taruna Putra Maulana dalam program penguatan literasi. Program ini memanfaatkan bimbingan belajar Putra Maulana yang terdiri dari anak-anak SD dan MI yang ada di desa Mutih Kulon. Selama masa bakti pengabdian masyarakat oleh KKN-IK IAIN Kudus, tentor yang dulunya siswa MA NU I’anatuth Thullab kini digantikan sementara oleh mahasiswa KKN. 

Pentingnya literasi bagi anak-anak membuat para mahasiswa KKN-IK desa Mutih Kulon mengadakan program penguatan literasi melalui bimbingan belajar. Mahasiswa KKN-IK gencar mengajak anak-anak untuk gemar literasi melalui berlatih membaca, menulis dan berhitung. Mengingat kondisi sekolah yang baru dibuka kurang lebih satu bulan yang lalu setelah kebijakan PPKM, tentu motivasi belajar anak mulai kendor apalagi menjelang penilaian tengah semester.

Harapannya, dengan adanya program penguatan literasi ini, banyak anak-anak yang tergerak dan sadar akan pentingnya literasi. Pengetahuan anak-anak semakin luas, kemampuan membaca, menulis dan berhitung akan terasah, serta meningkatkan motivasi belajar sehingga hasil belajar mereka akan bagus nantinya. Manfaat literasi tidak hanya dirasakan saat berusia anak-anak saja, melainkan sampai tua nanti. Oleh sebab itu, penting bagi setiap generasi menyukai literasi agar tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai.