Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Latih Siswa MI Raudlatul Athfal Sistem Aquaponik Sederhana

06 Oktober 2021
Rifqi
Dibaca 301 Kali
Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Latih Siswa MI Raudlatul Athfal Sistem Aquaponik Sederhana

Mutih Kulon - Puluhan siswa MI Raudlotul Athfal Mutih Kulon ikut serta dalam kegiatan pelatihan aquaponik yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 pada Selasa lalu. (28/09/21)

Melihat keadaan masyarakat sekarang yang memiliki lebih banyak sampah plastik karena perilaku konsumtif yang semakin meningkat. Mahasiswa IAIN Kudus yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) berinisiatif untuk dapat menguranginya dengan cara mengadakan pelatihan Aquaponik. Pelatihan ini diberikan kepada siswa kelas 5 MI Raudlotul Athfal didampingi beberapa guru MI. 

Aquaponik sendiri merupakan sistem budidaya tanaman dengan memanfaatkan botol plastik bekas. Sistem aquaponik dapat dilakukan dilahan yang terbatas dengan sedikit air. Pelatihan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN-IK IAIN ini dimulai dengan pemaparan materi tentang budidaya aquaponik sampai pada pembuatan sistem aquaponik. Aquaponik memakai peralatan yang mudah untuk ditemukan, meliputi botol plastik, gelas plastik, kain flannel, serabut kelapa, sekam dan bibit tanaman. Untuk bibit yang bisa ditanam dengan sistem aquaponik ini cukup bervariasi mulai dari kangkung, bayam, pakcoy, selada, dan sayuran daun lainnya. Selain dari segi peralatan, perawatan sistem aquaponik ini pun tidak terlalu susah dalam perawatannya.

Anik Shofiyati selaku penanggungjawab mengatakan pelatihan ini dilakukan semata-mata untuk pembelajaran siswa. Ia berharap para siswa dapat membuat dan menerapkan sistem aquaponik di sekolah maupun di rumah masing-masing. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengetahui bagaimana menanam dengan cara aquaponik, sebuah ide berkebun tapi dengan lahan yang minim. Selain itu, hasil panen dari tanaman aquaponik tersebut dapat dikonsumsi sendiri atau dijual dan hasilnya untuk kas sekolah atau kelas. Kas tersebut dapat digunakan untuk pengembangan kegiatan-kegiatan lainnya. Sebanyak 49 siswa yang mengikuti pelatihan ini terlihat sangat antusias mengikuti arahan mahasiswa KKN yang bertugas.

“Kita ajarkan kepada para siswa mengenai teknik aquaponik yang paling sederhana. Selain kita belajar aquaponik, disisi lain kita juga memanfaatkan limbah plastik untuk hal yang lebih bermanfaat dan ekonomis, melalui sistem aquaponik itu,” ungkap Anik Shofiyanti, mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus.

Abdul Mutholib selaku kepala sekolah menyampaikan terimakasih karena telah mengadakan program kreatif seperti aquaponik, bagi-bagi masker, dan mengajar. Tentunya kegiatan ini mendorong perkembangan anak untuk berpikir kritis dan kreatif. 

“Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang ada program memasuki madrasah untuk berbagi pengalamannya. Senang rasanya melihat anak-anak yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga hasil kegiatan ini memuaskan untuk anak-anak,”ungkap Abdul Mutholib, kepala MI Raudlatul Athfal.