Artikel

Potensi Sumber Daya Alam

09 April 2019 05:05:34  Mizwaruddin  1.307 Kali Dibaca 

Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya.

Di Desa Mutih Kulon, potensi sumber daya alam (SDA) terbesar adalah sawah. Dari total 578,54 Ha luas wilayah desa, 90,69 persennya (524,65 Ha) merupakan lahan persawahan. Sumber daya alam ini tentunya merupakan aset desa yang sangat potensial untuk pengembangan usaha agribisnis yang dapat menyerap tenaga kerja banyak (padat karya) dalam rangka mengendalikan pengangguran dan menjaga stabilitas perekonomian desa. 

Sebagai sektor primer, usaha agribisnis telah banyak dilakoni oleh warga desa. Namun selama ini, warga desa hanya terpaku pada sektor pertanian padi. Padahal masih banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan, di antaranya jambu, mangga, palawija, dll. Mengapa potensi-potensi tersebut tidak digarap oleh warga desa?

Jawaban dari pertanyaan di atas hanya ada satu alasan, yaitu kendala air. Sebagai  desa yang terletak di wilayah penghujung yang jauh dari sumber mata air, permasalahan air menjadi kendala utama untuk mengembangkan potensi persawahan yang sangat besar. 

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Pemerintah Desa Mutih Kulon sudah dan akan melakukan beberapa upaya penataan saluran irigasi persawahan, di antaranya: pembuatan embung di area persawahan, normalisai gorong-gorong, normalisasi (pengerukan) saluran irigasi, penyediaan mesin pompa air, serta peningkatan kapasitas kelompok tani melalui kegiatan pelatihan. Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan dapat menunjang pengembangan potensi persawahan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Inspeksi Pengairan No. 1 Mutih Kulon, Kec. Wedung, Kab. Demak
Desa : Mutihkulon
Kecamatan : Wedung
Kabupaten : Demak
Kodepos : 59554
Telepon : 085855316776
Email : desemka6@gmail.com

Statistik Penduduk

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:181
    Kemarin:306
    Total Pengunjung:90.504
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.207.247.69
    Browser:Tidak ditemukan